Akibat Sosial Media

, , No Comments
Perkembangan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri. Seakan kehidupan manusia sudah tidak dapat lepas dari teknologi. Seakan tidak dapa hidup tanpa teknologi. Memang karena adanya kemajuan teknologi inilah kehidupan manusia dimudahkan. Salah satu kemajuan teknologi adalah adanya sosial media. Sosial media begitu digandrungi tidak berbatas usia, dari yang muda hingga yang tua. Segalanya dimudahkan dengan adanya sosial media. Tetapi tentu saja, apabila ada hal yang positif pasti ada juga hal negatif yang mengikut. Berikut adalah beberapa dampak positif dan negatif dari sosial media :

1. Mengetahui Berbagai Macam Informasi dengan Cepat

Dengan adanya sosial media, kita dapat mengetahui berbagai macam informasi dengan cepat. Karena pada sosial media kita dapat mengetahui aktifitas dari berbagai sumber. Terdapat banyak sekali informasi yang kita dapat. Selain itu, kita juga dapat mengakses berita-berita terkini lewat sosial media.

2. Memudahkan Komunikasi

Dengan adanya sosial media kita dapat berkomunikasi dengan siapapun, bahkan jarak tidak menghalangi kita berkomunikasi. Kita bebas membagikan informasi baik berupa foto, aktifitas, video, dsb kepada siapapun yang kita kehendaki. Bahkan lewat postingan mereka, kita tahu apa yang mereka lakukan ataupun yang mereka rasakan.

3. Menjauhkan yang Dekat

Kita dapat berkomunikasi dengan teman yang sangat jauh tetapi hal itu justru mengurangi komunikasi kita dengan orang-orang terdekat kita. Karena sibuk berkutat dengan sosial media, kita menjadi individualis dengan mengurangi adanya komunikasi secara nyata dengan orang-orang di sekitar kita. Kita lebih sengan berkomunikasi dengan teman-teman virtual kita dibanding melakukan aktifitas bersama dengan orang-orang "nyata" yang ada di sekeliling kita.

4. Memicu Adanya Tindak Kejahatan

Seperti yang kita ketahui saat ini, banyak sekali kejahatan-kejahatan yang berkedokkan sosial media. Karena sosial media kita memang dapat berkenalan dengan orang-orang baru. Akan tetapi hal itu justru yang memicu adanya tindak kejahatan. Misal penculikan hingga tindak asusila. Maka dari itu pintar-pintarlah memilih teman dari sosial media agar tidak terseret ke dalam kasus-kasus tersebut :)

Sumber : Foto 1
               Foto 2
               Foto 3
               Foto 4

0 comments:

Post a Comment