Kota Wisata, Shining Batu

, , No Comments
Alun-alun Kota Wisata Batu

Kota Batu adalah sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur. Kota ini hanya terdiri dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Batu, Kecamatan Bumiaji, dan Kecamatan Junrejo. Tetapi dari kota kecil inilah lahir berbagai potensi wisata baik alam maupun buatan yang menari banyak sekali wisatawan setiap tahunnya yang sampai saat ini masih dalam proses pengembangan dan perbaikan dalam berbagai hal. Kota yang terkenal dengan buah apel ini memiliki lebih dari sepuluh wisata alam maupun buatan, antara lain Jatim Park 1, Jatim Park 2, Secret Zoo, Museum Satwa, Batu Night Spectacular, Eco Green Park, Museum Angkut, Selecta, Wisata Agrokusuma, Wisata Alam Coban Rais, Wisata Alam Gunung Panderman, Cangar, Gunung Banyak, Coban Talun, dan masih banyak lagi.

Walikota Batu sejak tahun 2007, Eddy Rumpoko, terus mengembangkan segala potensi yang ada di Kota Batu. Saat ini sesuai dengan slogan baru Kota Batu yaitu Shining Batu, Kota Batu tidak hanya mengembangkan sektor pariwisata saja tetapi juga mengembang sektor pertanian dan pendidikan. Untuk mengembangkannya, tidak tanggung-tanggung pemerintah Kota Batu bekerjasama dengan berbagai institusi untuk mendukung tercapainya program-program yang ada. Dari kerja sama MoU dengan berbagai universitas hingga studi banding yang mencakup wilayah nasional hingga internasional.
Pada sektor pertanian, Kota Batu sedang gencar-gencarnya menerapkan pertanian organik. Proyek-proyek pertanian organik ini sudah mulai dicanangkan di berbagai daerah seperti Desa Tulungrejo, Desa Sumber Brantas, Desa Torongrejo, Desa Pendem, Desa Sumberejo dan Desa Giripurno. Adapun komoditas yang dikembangkan juga beragam, antara lain kentang, wortel, tomat, brokoli, cabe, padi, bawang merah, dan masih banyak lagi. Salah satu tujuan dicanangkannya pembangunan pada sektor pertanian adalah revitalisasi pertanian, yang mengarahkan pada kondisi pertanian yang maju, modern, berkelanjutan ramah lingkungan dengan basis pertanian organik.
Selanjutnya juga adanya pembangunan pada sektor pendidikan yang dititik beratkan pada tidak adanya putus sekolah, minimal 12 tahun dan diarahkannya pendidikan vokasi khususnya pada bidang pertanian dan pariwisata. Bahkan baru-baru ini pemerintah Kota Batu memberikan beasiswa penuh bagi masyarakatnya yang melanjutkan sekolah tinggi pada jurusan pertanian dan pariwisata. Harapannya, setelah menyelesaikan studi, mereka dapat kembali ke Kota Batu dan turut serta mengembangkan potensi pertanian dan pariwisata yang ada di Kota Batu.
Dengan semakin majunya Kota Batu, diharapkan adanya peningkatan kualitas dan kesejahteraan SDM agar terus dapat mengolah dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di Kota Batu dengan baik dan tercipta Kota Batu yang maju dan sejahtera.

Sumber foto: Foto

0 comments:

Post a Comment